Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan " Profesional, Sinergi, Dan Militan " Pengaduan Masyarakat melalui Telepon (021) 65867510/11, Whatsapp (085289000115), E-mail : Pengaduan@basarnas.go.id


YULITA DAN EREBIA DITEMUKAN LEMAS DAN DI EVAKUASI KE RUMAH SAKIT


Boven Digoel (11/09) - Tepat pukul 14.10 wit akhirnya 2 (dua) korban tersesat di hutan Boven Digoel berhasil ditemukan dalam kondisi selamat. Menilik kondisi dari Yulita dan Erebia yang tersesat selama dua hari dua malam maka terpaksa harus dilarikan ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan medis karena kondisinya yang sangat lemas dan kaki tertusuk banyak duri tanaman sagu. Lokasi tempat ditemukannya kedua korban berada di 06°10’38.658’’S - 140°22’55.332’’E atau berpindah sejarak hampir 2 km dari titik awal korban terakhir kali bisa berkomunikasi menggunakan telepon selularnya dengan keluarga pada tanggal 9 September pukul 23.00 wit lalu.

(Kedua korban sedang dalam penanganan medis di RSUD Boven Digoel usai di evakuasi dari tengah hutan; foto:humas)

Sobirin, personil Pos Pencarian Dan Pertolongan Boven Digoel selaku koordinator lapangan menyampaikan bahwa pencarian hari ini mengerahkan 2 (dua) tim yang area pencariannya dibagi sesuai perkiraan keberadaan korban. “Di tengah hutan kami menemukan bekas tempat tidur yang digunakan  korban di dalam hutan tadi malam, kemudian kami ikuti jejaknya” terang Sobirin menceritakan kembali proses pencarian. Cuaca sepanjang pencarian dilaporkan hujan dengan intensitas sedang hingga lebat hingga cukup menyulitkan tim SAR gabungan “Mereka (korban.red) mendengar suara chain saw (mesin pemotong kayu kecil) yang tim kami bunyikan sepanjang jalan lalu berusaha mencari asal suara hingga akhirnya keduanya berhasil ditemukan” pungkas Sobirin.

Ditempat terpisah, Kepala Seksi Operasi  Reza Afriyanto,S.Sos mewakili Kepala Kantor Pencarian Dan Pertolongan Merauke menyampaikan ungkapan terimakasih atas dukungan tim  SAR gabungan yang terlibat khususnya pada pihak keluarga yang sangat mendukung operasi pencarian kali ini terutama dukungan tenaga di lapangan.

Dengan ditemukannya kedua korban maka operasi SAR dinyatakan selesai dan ditutup.(dwb/hms)



Kategori Berita Kansar , General Berita , Kondisi Yang Membahayakan Jiwa Manusia .
Pengunggah : Minsar
11 September 16:00 WIB