Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan " Profesional, Sinergi, Dan Militan " Pengaduan Masyarakat melalui Telepon (021) 65867510/11, Whatsapp (085289000115), E-mail : Pengaduan@basarnas.go.id


Tingkatkan Kemampuan, Basarnas Biak Selenggarakan Latihan SAR Beregu di Perairan


Biak – Untuk meningkatkan kemampuan dalam melaksanakan Operasi Pencarian dan Pertolongan, Basarnas Biak menggelar Latihan SAR Beregu di Perairan yang dilaksanakan selama 2 hari dari tanggal 2 hingga 3 november 2022. Pada hari pertama kegiatan, 28 peserta latihan dibekali dengan beberapa materi kelas meliputi pengetahuan tentang under water rescue, pengoperasian aqua eye hingga latihan skenario dan gelar peralatan komunikasi.

Disamping itu, dalam arahannya saat upacara pembukaan latihan di aula kantor, Kepala Kantor Basarnas Biak Gusti Anwar Mulyadi berpesan agar peserta latihan dapat memahami seluruh materi yang akan disampaikan oleh instruktur sertamampu mengikuti seluruh rangkaian kegiatan, baik di kelas maupun lapangan dengan tetap mengutamakan keselamatan. “ Pesan saya, semoga kalian mampu, tetapsehat dan semangat untuk melaksanakan kegiatan ini dengan baik. bisa mengerti seluruh materi yang disampaikan karena kegiatan latihan ini adalah gambaran saat pelaksanaan operasi sar. Safety tetap nomor satu”,kata Gusti.

Selain Kepala kantor, seluruh pejabat Basarnas Biak juga ikut terlibat dalam kegiatan latihan.

 

Setelah hari pertama kegiatan dengan jadwal materi kelas, kamis(3/11/2022) pukul 08.00 WIT peserta latihan bergeser ke pantai Water Basis Angkatan Laut Biak untuk melakukan latihan manuver hari kedua. Peserta dibagi menjadi dua tim, yang mana setiap tim akan melakukan proses pencarian dan evakuasi korban dengan durasi waktu yang telah ditentukan untuk setiap tim.

Dalam skenario yang diberikan, setiap Tim Rescue harus menemukan posisi korban yang tenggelam menggunakan perangkat sonar genggam AquaEye sebelum melakukan penyelaman untuk proses evakuasi.

 

Dalam kegiatan latihan Sar Beregu, setiap peserta latihan juga wajib melakukan medical check up untuk memastikan kondisi peserta dalam keadaan fit. Setelah seluruh rangkaian kegiatan latihan Sar Beregu di Perairan hari kedua selesai dilaksanakan, akhir kegiatan ditandai dengan upacara penutupan yang dipimpin oleh Kepala Seksi Operasi dan Siaga Basarnas Biak Andarias Alik. Seluruh peserta latihan yang telah melaksanakan kegiatan manuver juga dievaluasi oleh instruktur untuk mengukur efektivitas dan produktivitas dalam melaksanakan tugas-tugas yang diberikan oleh komandan regu dari setiap tim. Hms4



Kategori Berita Kansar , General Artikel , General Berita , Pelatihan .
Pengunggah : Liana
4 November 21:15 WIB