Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan " Profesional, Sinergi, Dan Militan " Pengaduan Masyarakat melalui Telepon (021) 65867510/11, Whatsapp (085289000115), E-mail : Pengaduan@basarnas.go.id


Sea Trial 6 (enam) unit KN. SAR Baru Basarnas


BATAM– Dipimpin Deputi Bidang Sarana Prasarana dan Sistem Komunikasi (Desarprassiskom) Marsda TNI Suparmono, hari ini telah dilaksanakan Sea Trial terhadap 4 (empat)  kapal baru Basarnas di Perairan Batam , Kamis (27/5/2021). Kapal bertolak dari Dermaga Apung di Sekupang, Batam, sekitar pukul 08.35 WIB terdiri dari masing-masing, KN. SAR Permadi 249 yang akan ditempatkan di Kantor Pencarian dan Pertolongan Surabaya, KN. SAR Puntadewa 250 untuk Kantor Pencarian dan Pertolongan Maumere, KN. SAR Parikesit 251 untuk Kantor Pencarian dan Pertolongan Mamuju, dan KN. SAR Seta 252 untuk Kantor Pencarian dan Pertolongan Tarakan. 
Sehari sebelumnya, sea trial telah dilaksanakan terhadap 2(dua) unit kapal dengan spesifikasi yang sama, masing-masing KN. SAR Tetuka 247 untuk Kantor Pencarian dan Pertolongan  Banten dan KN. SAR Sanjaya 248 untuk Kantor Pencarian dan Pertolongan Medan.
Sea trial tersebut sebagai prosedur wajib terhadap kapal baru untuk menguji kemampuan kapal, mulai dari permesinan, olah gerak, kecepatan, navigasi, system komunikasi, sekoci keselamatan, jangkar, water canon, dan peralatan lain yang terpasang di kapal.
“Kami harus memastikan bahwa kapal ini berfungsi dengan baik, baik secara fisik maupun perangkat-perangkat yang ada di dalamnya,” tegas Depsarprassiskom yang didampingi inspektur, Karo Perencanaan, Direktur Operasi, Direktur Sarpras dan Direktur Siskom serta para Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan yang akan bertanggungjawab atas operasional kapal- kapal tersebut.

 



Kategori Berita Kansar , General Artikel , General Berita .
Pengunggah : Daru Nugroho
27 May 17:00 WIB