Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan " Profesional, Sinergi, Dan Militan " Pengaduan Masyarakat melalui Telepon (021) 65867510/11, Whatsapp (085289000115), E-mail : Pengaduan@basarnas.go.id


SAMPAI HARI KE-7 PENCARIAN ANANG TIDAK MEMBUAHKAN HASIL, OPERASI SAR AKHIRNYA DITUTUP


Kulonprogo, pencarian satu orang korban terseret ombak di Pantai Congot Kab. Kulonprogo hari ini (06/06/2022) telah memasuki hari ke-7 oleh Tim SAR Gabungan.

Seto Satrio selaku Koordinator Unit Siaga SAR Congot mengatakan usaha tim SAR gabungan selama pencarian korban atas nama Anang Setyawan Pambudi (13th/lakis) warga Tangkisan III, RT 78 RW 23, Hargomulyo, Kokap, Kab. Kulonprogo sudah maksimal. Selama pencarian dari hari pertama hingga hari ke tujuh hari ini, Tim SAR Gabungan telah melakukan upaya pencarian baik darat maupun pencarian laut. Pencarian di darat dengan penyisiran sepanjang pantai dari titik lokasi kejadian musibah (LKM) ke arah barat dan ke arah timur sejauh 3km. Sedangkan pencarian di laut dilaksanakan dengan menggunakan perahu jukung milik SAR Satlinmas Glagah dengan menyisir sepanjang pantai ke arah barat dan timur LKM hingga Pantai Trisik. Pencarian sampai dengan hari ke tujuh korban masih belum ditemukan.

Sesuai UU Pencarian dan Pertolongan Nomor 29 tahun 2014 bahwa operasi SAR dilaksanakan selama 7 hari, Basarnas selaku leading sector pencarian dan pertolongan berkoordinasi dengan unsur yang terlibat seperti Pos TNI AL Congot, Pos Polairud Congot, SAR Satlinmas Glagah, PMI Kulonprogo, perangkat desa, dan unsur lainnya serta keluarga korban, memutuskan bahwa operasi SAR dinyatakan ditutup. Meski demikian operasi SAR dapat dibuka kembali apabila ditemukan tanda-tanda korban seperti ditemukannya baju korban atau lainnya, imbuh Seto dalam keterangannya.

Dengan ditutupnya operasi SAR gabungan, semua unsur yang terlibat dikembalikan ke satuannya masing-masing. (ppt/hmsbsnyk)



Kategori Berita Kansar , General Artikel , General Berita , Kondisi Yang Membahayakan Jiwa Manusia .
Pengunggah : yogyakartaadmin
6 June 22:15 WIB