Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan " Profesional, Sinergi, Dan Militan " Pengaduan Masyarakat melalui Telepon (021) 65867510/11, Whatsapp (085289000115), E-mail : Pengaduan@basarnas.go.id


SAMBUT HUT BASARNAS EMAS KE 50 TAHUN, KANTOR PENCARIAN DAN PERTOLONGAN MAUMERE BERSAMA POTENSI SAR LAKSANAKAN AKSI PENANAMAN MANGROVE


Maumere, 04/02/2022. Kantor Pencarian dan Pertolongan Maumere mengajak para potensi sar dan instansi yang ada di Kab.Sikka dalam aksi penanaman mangrove di hutan mangrove kampung garam kota maumere dalam rangka menyambut HUT Basarnas Emas ke 50 Tahun.

Sambutan Kepala Basarnas dalam aksi Penanaman Mangrove yang dibacakan Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Maumere I Putu Sudayana,S.E,M.AP bahwa “dalam rangka memperingati HUT ke 50 pada tanggal 28 Februari 2022, Basarnas melaksanakan berbagai rangkaian kegiatan, di antaranya kompetisi olahraga, sarasehan, dan bakti sosial yang salah satunya adalah penanaman mangrove. Tanaman mangrove berfungsi sebagai pencegah abrasi dan pengikisan kawasan pesisir pantai. Ekosistem mangrove juga menjadi tempat hidup bagi biota laut dan satwa-satwa lainnya. Tujuan kegiatan penanaman mangrove serentak ini untuk merehabilitasi kawasan pesisir, selain itu sebagai bentuk kepedulian dalam pelestarian lingkungan dan ekosistem serta mendukung Program Pemulihan Ekonomi Nasional sesuai arahan Presiden Republik Indonesia.”

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Maumere dalam wawancaranya mengatakan bahwa “Pelaksanaan Penanaman Mangrove ini bertujuan untuk menjali silaturahmi bersama Potensi SAR dan beberapa instansi yang ada di Kab.Sikka dan tujuan dari giat ini untuk bersama-sama memelihara lingkungan pesisir di Kab.Sikka dengan melaksanakan penanaman mangrove serta memberi motivasi kepada masyarakat pesisir untuk terus menjaga kelestarian dari hutan mangrove khususnya kepada masyarakat  yang  ada di kampung garam. Serta Saya sangat berterima kasih kepada Lanal Maumere, Kodim 1603 Sikka, Polres Sikka, Brimob Sikka, Polairud Sikka, BPBD Sikka, KSOP Maumere, PT Pelindo Maumere, Polairud Maumere yang telah mendukung penuh jalannya kegiatan serta kepada Dinas Kehutanan Sikka yang memback up penuh penyediaan bibit mangrove dan Para Pegawai dan DWP Basarnas Maumere yang telah hadir dan bersemangat melaksanakan penanaman mangrove.”

Sebanyak 171 Pohon Mangrove telah berhasil ditanam dalam aksi penanaman mangrove, Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Maumere berharap dengan penanaman bibit mangrove ini dapat mengurangi energi gelombang, melindungi pantai dari abrasi, menghambat intrusi air, kemudian memperbaiki lingkungan pesisir, dan memperbaiki Habitat di Daerah Kampung Garam Maumere. (Riz) 



Kategori Berita Kansar , General Artikel , General Berita .
Pengunggah : Maumere
4 February 13:00 WIB