Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan " Profesional, Sinergi, Dan Militan " Pengaduan Masyarakat melalui Telepon (021) 65867510/11, Whatsapp (085289000115), E-mail : Pengaduan@basarnas.go.id


PUCUK PIMPINAN KANTOR BASARNAS YOGYAKARTA BERGANTI


Yogyakarta, bertempat di Ruang Rapat Kantor Basarnas Yogyakarta dilaksanakan penandatanganan berita acara serah terima jabatan Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Yogyakarta Kamis (16/6/2022). Pergeseran pucuk pimpinan tersebut secara resmi sebelumnya telah dilaksanakan di Kantor Basarnas Pusat Jakarta.

Sebelumnya, pada Kamis (9/6) Kepala Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Marsekal Madya TNI Henri Alfiandi melantik 68 orang Pejabat Administrasi dan Fungsional di Lingkungan Basarnas. Pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan berlangsung di Ruang Serba Guna Gedung Basarnas lantai 15, dihadiri oleh Pejabat Eselon I dan II serta diikuti Pejabat UPT secara virtual.

“Ingat, tantangan Basarnas ke depan semakin kompleks. Intensitas penyelenggaraan SAR pada kecelakaan, bencana, dan kondisi membahayakan manusia terus meningkat. Di sisi lain, tuntutan masyarakat juga semakin tinggi. Karena itu, kita harus mempersiapkan diri sebaik-baiknya guna mengimplementasikan motto kita, yaitu Quick Response Search and Rescue dalam memberikan pelayanan SAR terbaik kepada masyarakat.” Ungkap Jendral Bintang Tiga tersebut.

“Selain kerja keras dan kerja cerdas, hal lain yang harus diingat adalah kerja ikhlas. Setelah itu, kita serahkan segala hasilnya kepada Tuhan Yang Maha Kuasa”, Pungkas Kabasarnas.

Kantor Pencarian dan Pertolongan Basarnas Yogyakarta sebelumnya di jabat oleh bapak Lalu Wahyu Efendi,S.Sos.,M.M,beliau menjabat Kepala Kantor Basarnas Yogyakarta dari tahun 2018 hingga 2022.Wahyu Efendi saat di pindah tugaskan mendapat amanah menjadi Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongam Kelas B Maumere.Sebagai Penggantinya adalah Bapak Kamal Riswandi,S.E,sebelumnya Beliau menjabat Kasubsi Operasi dan Siaga Kantor Basarnas Jakarta.

Selain Serah terima kepala Kantor,dilaksanakan juga Serah terima jabatan Kepala Urusan Umum.Kepala Urusan Umum sebelumnya di jabat oleh Bapak Amin Yahya,beliau dipindah tugaskan ke Kantor Basarnas Jawa Tengah sebagai Rescuer Penyelia menjelang masa pensiun.Kepala Urusan umum Kantor Basarnas Yogyakarta di serah terimakan kepada Bapak Oki Satriojati,S.H., M.Sc yang sebelumnya menjabat penyusun rencana kegiatan dan anggaran kantor Basarnas Yogyakarta.

Pengangkatan, pemindahan dan pemberhentian dari dan dalam jabatan di lingkungan Basarnas adalah hal wajar sebagai bentuk peremajaan organisasi agar kegiatan serta pelaksanaan tugas dan fungsi dari pencarian dan pertolongan dapat terlaksana dengan baik. Melalui rotasi jabatan diharapkan dapat memaksimalkan kinerja dan  bertanggung jawab dengan dedikasi tinggi serta Quick Response Search And Rescue.

Acara serah terima dan pisah sambut berlangsung dengan hikmat dan lancar. Bapak Wahyu Efendi Melalui sambutannya disampaikan ucapan terima kasih atas dukungan para pegawai serta kekompakan yang selama ini sudah didedikasikan untuk tugas selama ia menjabat di Kantor Basarnas Yogyakarta.Sebelum mengakhiri sambutannya Wahyu Efendi berpesan untuk seluruh pegawai Kantor Basarnas Yogyakarta agar meningkatkan kompetensi, jaga Kekompakan, kekeluargaan dan selalu memberi dukungan bagi Kepala Kantor yang baru. "Terus terang saya mengagumi dedikasi dan militansi teman-teman di sini saat setiap pelaksanaan operasi SAR, juga saya merasakan adanya suasana kekeluargaan  serta kerjasama yang baik di kantor ini," tuturnya.

Pada kesempatan yang sama Kepala Kantor Basarnas Yogyakarta yang baru bapak Kamal Riswandi,S.E. mengungkapkan dinamika sebagai kepala kantor di masing-masing wilayah, dimana memiliki tantangan tersendiri Khususnya di Yogyakarta.Yogyakarta yang terkenal dengan destinasi wisata khususnya wisata pantai.Daerah Istimewa Yogyakarta terkenal dengan propinsi yang paling banyak memiliki relawan atau yang biasa kami sebut Potensi SAR.Saya Lihat Potensi SAR di Yogyakarta ini sangat solid,kompak dan militan,saya sebagai Kepala Kantor Basarnas Yogyakarta yang baru harus mampu menjaga kordinasi dan silaturahmi yang baik dengan Potensi SAR yg selama ini sudah terjalin sangat baik.

Diakhir Sambutannya Kamal Riswandi mengatakan saya akan meneruskan program kerja yang sudah di laksanakan pak wahyu selama beliau menjabat.Bagi saya mempertahankan prestasi yang sudah dicapai selama beliau menjabat itu lebih sulit daripada memperbaiki ataupun meningkatkan,maka dari itu saya mengajak semua pegawai untul saling bekerjasama agar Kantor Basarnas yogyakarta ini semakin baik dan tambah baik lagi.(ppt/hmsbsnyk)



Kategori Berita Kansar , General Artikel , General Berita , Pengumuman .
Pengunggah : yogyakartaadmin
16 June 15:00 WIB