Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan " Profesional, Sinergi, Dan Militan " Pengaduan Masyarakat melalui Telepon (021) 65867510/11, Whatsapp (085289000115), E-mail : Pengaduan@basarnas.go.id


PERINGATI HUT EMAS BASARNAS, KABADAN : ADA EMPAT PILAR KEBERHASILAN OPERASI SAR


Merauke (01/03) - Tepat pukul 08.30 wit pagi tadi, bertempat di lapangan apel kantor Basarnas Merauke dilangsungkan apel bendera dalam rangka memperingati hari ulang tahun ke-50 Badan Nasional Pencarian Dan Pertolongan (Basarnas). Apel yang berlangsung sederhana tersebut diikuti seluruh personil dan juga melibatkan perwakilan dari Merauke Rescue Squad (MRS). Puncak perayaan dilangsungkan hari ini di seluruh Indonesia walaupun sebenarnya HUT Basarnas setiap tahunnya diperingati setiap tanggal 28 Februari. Namun pada tanggal yang bersamaan bertepatan dengan perayaan hari Isra Mi’raj bagi umat muslim maka perayaan diundur sehari yakni pada tanggal 1 Maret 2022.

 


Kepala Badan Nasional Pencarian Dan Pertolongan Marsekal Madya TNI Henri Alfiandi dalam sambutannya yang dibacakan kepala urusan umum mewakili kepala kantor Basarnas Merauke menyampaikan bahwa kecelakaan, bencana, dan kondisi membahayakan manusia memiliki sifat unpredictable atau tidak dapat di prediksi sebelumnya. Oleh karena itu, Basarnas melaksanakan siaga 24 jam nonstop dan melaksanakan operasi SAR dengan cepat. “Respon cepat itu mutlak kita perlukan demi menyelamatkan jiwa saudara-saudara kita yang sedang tertimpa musibah” ujarnya. Ini sejalan dengan tema perayaan hari ulang tahun kali ini yaitu Cepat Tanggap Untuk Indonesai Maju.


Kepala Basarnas juga kembali menekankan bahwa keberhasilan pelaksanaan operasi SAR itu memadukan 4 (empat) pilar utama antara lain ; sumber daya manusia yang mumpuni dengan peningkatan kapasitas SDM-nya, sarana dan prasarana yang memadai yang berteknologi tinggi sesuai perkembangan zaman, dukungan dari potensi SAR karena Basarnas tidak bisa bekerja sendiri dan yang keempat adalah publikasi.


Dalam usianya yang ke-50 tahun ini. Basarnas Merauke menerima penghargaan atas prestasi yang diraih dalam penilaian kinerja khususnya dalam hal pelayanan jasa SAR bagi masyarakat di kabupaten Merauke. Basarnas Merauke meraih predikat terbaik pertama dalam kategori bidang operasi SAR dan menempati peringkat kedua dalam kategori bidang kesiapsiagaan. Penilaian melibatkan seluruh kantor SAR se-Indonesia.


Apel bendera berlangsung selama kurang lebih 30 menit dan dilanjutkan dengan ramah tamah seluruh peserta apel. Dalam ramah tamah tersebut dilakukan pemotongan tumbeng menandai bertambahnya usia organisasi sebagai bentuk ungkapan rasa syukur.(mrk/humas)



Kategori Berita Kansar , General Artikel , General Berita .
Pengunggah : Albert
1 March 15:00 WIB