Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan " Profesional, Sinergi, Dan Militan " Pengaduan Masyarakat melalui Telepon (021) 65867510/11, Whatsapp (085289000115), E-mail : Pengaduan@basarnas.go.id


Momen HUT ke-77 RI, Basarnas Harus Mampu Memberikan Pelayanan SAR yang Prima, Kontribusi Positif Dalam Mewujudkan Indonesia Maju


Jakarta – Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan melaksanakan Upacara Hari Kemerdekaan Republik Indonesia.. Upacara dilaksanakan di lapangan Kantor pusat Basarnas, Rabu, 17 Agustus 2022 mulai pukul 07.30 WIB. Kepala Basarnas Marsekal Madya TNI Henri Alfiandi menjadi inspektur upacara dan diikuti oleh seluruh pejabat pimpinan tinggi madya, pratama, dan seluruh pegawai Basarnas .

Pelaksanaan Upacara HUT ke-77 RI ini merupakan momen bangkitnya bangsa Indonesia kembali setelah dua tahun belakangan dilanda musibah Covid-19, sehingga selama dua tahun tersebut pelaksanaan Upacara Kemerdekaan dilaksanakan secara virtual. HUT kali ini mengangkat tema “Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat”. Tema tersebut memiliki sebuah harapan agar bangsa Indonesia bisa bangkit dari peristiwa yang telah terjadi selama dua tahun terakhir tersebut.


Pada momen Upacara HUT ke-77 RI kali ini, ada delapan pegawai Basarnas yang menerima penghargaan Satya Lencana Karya Satya, masing-masing lima orang dengan pengabdian 30 tahun, satu orang dengan pengabdian 20 tahun, dan dua orang mendapat penghargaan atas pengabdiannya selama 10 tahun. 
“Kita, Basarnas, adalah bagian dari pemerintah, sebagai leading sector bidang penyelenggaraan SAR yang bertanggung jawab langsung di bawah presiden, harus mampu memberikan pelayanan SAR yang prima, sehingga mampu memberikan kontribusi positif dalam mewujudkan Indonesia maju,” tegas Kabasarnas dalam sambutannya.

Kabasarnas menambahkan bahwa Quick Response Search And Rescue yang dilandasi nilai-nilai profesional, sinergi, dan militan harus dilaksanakan dengan sepenuh hati. Selebihnya, orang nomor satu di Basarnas tersebut berpesan agar sebagai Aparatur Sipil Negara harus melaksanakan tugas sesuai dengan core values berakhlak, yaitu “berorientasi pada pelayanan, akuntabel, kompeten, harmonis, loyal, dan kolaboratif”. Berakhlak merupakan pondasi bagi ASN dalam mewujudkan satu kesamaan persepsi, baik pola pikir maupun pola tindak, sehingga lebih mudah dipahami dan diterapkan oleh seluruh ASN. 
“Semoga, semangat dan pengorbanan para pahlawan yang kita banggakan dapat merasuk ke dalam jiwa dan raga kita dalam menjalankan tugas-tugas di bidang SAR,” harap Kabasarnas mengakhiri sambutannya.



Kategori General Artikel , General Berita , Agenda Pusat .
Pengunggah : Albert
17 August 11:00 WIB