Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan " Profesional, Sinergi, Dan Militan " Pengaduan Masyarakat melalui Telepon (021) 65867510/11, Whatsapp (085289000115), E-mail : Pengaduan@basarnas.go.id


Kantor SAR Maumere Melaksanakan Upacara Hari Ibu, Mengingatkan Pentingnya Peran Perempuan Untuk Bersatu Dalam Perjuangan Bangsa


Maumere, 23/12/2019. Upacara Peringatan Hari Ibu ke - 91 Tahun merupakan salah satu momentum bagi seluruh generasi muda khususnya seluruh pegawai Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas B Maumere untuk mempersatukan diri dalam melanjutkan perjuangan perumpan dalam menggalang kesatuan dan persatuan bangsa. Upacara ini diikuti seluruh pegawai dengan Inspektur Upacara Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas B Maumere I Putu Sudayana, S.E.,M.AP.

Sebelum membacakan sambutan dari Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia, inspektur upacara I Putu Sudayana, S.E.,M.AP. menyampaikan beberapa penegasan yaitu “Hari ini adalah hari istimewa kepada seluruh ibu-ibu dimana diperingati hari ibu ke 91 Tahun pada tanggal 22 Desember 2019. Atas prakarsa para perempuan pejuang pergerkaan kemerdekaan pada tanggal 22-25 Desember 1928 diselanggarakanlah Kongres Perempuan Indonesia pertama di Yogyakarta. Semangat perjuangan kaum perempuan Indonesia tercermin dalam lambang Hari lbu berupa setangkai bunga melati dengan kuntumnya, yang menggambarkan kasih sayang kodrati antara ibu dan anak; kekuatan, kesucian antara ibu dan pengorbanan anak; serta kesadaran wanita untuk menggalang kesatuan dan persatuan, keikhlasan bakti dalam pembangunan bangsa dan negara.

Adapun isi sambutan dari Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia yang dibacakan oleh inspektur upacara I Putu Sudayana, S.E.,M.AP diantaranya “Perempuan Indonesia masa kini adalah perempuan yang harus sadar bahwa mereka mempunyai akses dan memiliki kesempatan yang sama dengan laki-laki untuk memperoleh sumber daya, seperti akses terhadap ekonomi, politik, sosial, dan sebagainya. Begitu juga pengasuhan dalam keluarga, peran dan tanggung jawab laki-laki dan perempuan dalam pengasuhan anak tidak hanya orang tua namun perlu didukung oleh semua pihak. PHI diharapkan sebagai momen penting untuk mendorong semua pemangku kepentingan guna memberikan perhatian, pengakuan akan pentingnya eksistensi perempuan dalam berbagai sektor pembangunan. Dan pada akhirnya memberikan keyakinan yang besar bahwa perempuan akan mampu meningkatkan kualitas hidupnya serta mengembangkan segala potensi dan kemampuan sebagai motor penggerak dan sekaligus agen perubahan (agent of change)”.

Berbeda dari upacara sebelumnya, petugas upacara kali ini seluruhnya dari pegawai wanita Kantor SAR Maumere. Pelaksanaan upacara berlangsung khidmat, lancar dan aman serta dirangkaian pembacaan sejarah singkat hari ibu serta menyanyikan lagu himne hari ibu dan mars hari ibu. Upacara peringatan Hari Ibu yang ke- 91 Tahun berlangsung pada pukul 07.30 Wita hingga selesai di halaman Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas B Maumere.

 

 

 

 



Kategori Berita Kansar , General Artikel , Agenda Pusat , General Berita .
Pengunggah : Maumere
23 December 10:55 WIB