Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan " Profesional, Sinergi, Dan Militan " Pengaduan Masyarakat melalui Telepon (021) 65867510/11, Whatsapp (085289000115), E-mail : Pengaduan@basarnas.go.id


Kantor SAR Gorontalo Mengikuti Lomba 6th National SAR Challenges 2017


Meski menjadi peserta yang tidak diunggulkan dalam ajang perlombaan tahunan ini, Kantor SAR Gorontalo tidak mau berkecil hati. Ajang perlombaan ini bukan berkonsep kompetisi namun lebih sebagai upaya pembelajaran bagi tim SAR, terutama dalam menjalankan tugas pada saat operasi  SAR yang sesunggguhnya. Karena itu sebagai peserta perlombaan dibutuhkan pengetahuan, keterampilan, rasa percaya diri, kerjasama tim dan kesamaptaan jasmani.

Setelah mengikuti seleksi akhirnya terpilih 1 tim yang terdiri dari 1 (satu) komandan tim, 6 (enam) anggota tim dan 1 (satu) cadangan. Usai pelaksanaan siaga lebaran, para calon peserta yang akan mewakili Gorontalo kemudian dilatih secara rutin dalam setiap cabang yang akan diperlombakan.

Setelah menjalani latihan demi latihan, tibalah waktu keberangkatan. Tim Gorontalo didampingi oleh Kepala Kantor SAR Gorontalo, Maureen Hamang, S.E. Kepala Sub Seksi Operasi, Saktianto bertindak sebagai manajer Tim Gorontalo. Tanggal 31 Juli 2017, para peserta yang akan mewakili Gorontalo berangkat menuju Denpasar, Bali. Siap bertarung untuk membuktikan kemampuan di bidang pencarian dan pertolongan. Minimnya pengalaman bertanding tidak menjadi halangan bagi para peserta asal Gorontalo menuju 6th National SAR Challenges 2017.

Usai upacara pembukaan, perlombaan langsung digelar dengan tantangan hari pertama ini berupa High Angle Rescue Technique (HART) dan Communication Station yang diperlombakan secara bersamaan. Dalam keseluruhan challenges yang dilombakan memiliki batas waktu maksimum 20 menit bagi setiap peserta. Bagi tim yang tidak mampu menyelesaikan lomba dalam waktu yang ditetapkan maka akan didiskualifikasi, hal ini sekaligus untuk melatih para rescuer untuk dapat bertindak dengan cepat sesuai prosedur yang benar dalam pelaksanaan  operasi SAR. Lomba keterampilan ini menarik perhatian para wisatawan yang ada di lokasi GWK sehingga para wisatawan banyak yang menyaksikan jalannya perlombaan. Hal yang istimewa dalam 6th National SAR Challenges 2017 ini para pengunjung mendapatkan kupon undian yang diundi setiap 2 jam dengan hadiah berupa sepeda gunung.



Kategori General Artikel .
Pengunggah : didit
10 August 21:50 WIB