Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan " Profesional, Sinergi, Dan Militan " Pengaduan Masyarakat melalui Telepon (021) 65867510/11, Whatsapp (085289000115), E-mail : Pengaduan@basarnas.go.id


Kantor Pencarian dan Pertolongan Mentawai Laksanakan Latihan SAR Beregu di Ketinggian dan di Air 


MENTAWAI -   Kantor Pencarian dan Pertolongan Mentawai melaksanakan  Latihan SAR Beregu di Ketinggian dan di Air dengan melibatkan 14 orang peserta yang merupakan Rescuer dan tenaga pendukung Rescuer yang berada di Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas B Mentawai. Kegiatan di buka langsung oleh Kakansar Mentawai bapak Akmal, S.Sos., Senin (22/08). 

Latihan akan dilaksanakan selama 6 hari, dengan rincian 3 hari latihan di ketinggian (High Angle Rescue Technic) dan 3 hari latihan di air (Water Rescue). Kegiatan dilaksanakan di Kantor SAR Mentawai untuk kelas materi dan untuk penerapan aplikasi lapangan di ketinggian dilaksanakan di Desa Goiso Oinan. Sedangkan untuk aplikasi lapangan di air dilaksanakan di Pantai Jati Kecamatan Sipora Utara. 

Penyelenggaraan Latihan SAR Beregu ini didasarkan pada Peraturan Kepala Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan Nomor 9 Tahun 2020 tentang Latihan Pencarian dan Pertolongan. Adapun tujuannya untuk memberikan pembekalan pengetahuan Search and Rescue kepada Rescuer dan tenaga pendukung Rescuer serta mengembangkan kualitas SDM pencarian dan pertolongan di ketinggian serta di air. 

Kakansar Mentawai menyampaikan bahwa sangat mendukung sepenuhnya kegiatan ini. Dan juga dikarenakan wilayah kerja Kantor SAR Mentawai ini lebih condong ke perairan maka dari itu latihan ini untuk lebih difokuskan di Air (Water Rescue) ,tetapi tidak menutup kemungkinan jika sewaktu waktu teknik pencarian dan pertolongan di ketinggian ini juga akan di gunakan. Oleh karena itu,Kakansar mentawai menyarankan agar kegiatan ini diikuti dan dilaksanakan sebaik mungkin agar seluruh  rescuer beserta tenaga pendukung rescuer selalu siap saat di perlukan.

 



Kategori Berita Kansar , General Artikel , General Berita .
Pengunggah : natasya
22 August 18:00 WIB