Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan " Profesional, Sinergi, Dan Militan " Pengaduan Masyarakat melalui Telepon (021) 65867510/11, Whatsapp (085289000115), E-mail : Pengaduan@basarnas.go.id


HILUX TERJUN BEBAS KE JURANG MIYAMBOUW


Manowkari, (20/08/22) Pkl 22.10 WIT Kantor Pencarian dan Pertolongan Manokwari menerima info atau laporan dari Kepala Distrik Warmare Bpk Aswandi, bahwa telah terjadi kecelakaan mobil hilux dengan bermuatan tiga orang jatuh ke jurang dengan kedalaman 75 meter .

Setelah mendapatkan laporan tersebut ,Kepala kantor pencarian dan pertolongan Manokwari ,memerintahkan Kepala seksi operasi dan siaga untuk  mengerahkan satu tim rescue berjumlah 14 personil serta membawa  peralatan medis,peralatan  evakuasi dan alat-alat komunikasi, setengah jam kemudian.

" Ya kami menerima laporan dari kepala distrik Warmare , beliau menyampaikan bahwa ada mobil hilux yang jatuh ke jurang,  pada kecelakaan tersebut ,ada korban selamat ,dimana salah satu korban itu keluar dari mobil dan naik ke atas dari jurang ,lalu melaporkan ke teman-teman mereka atau pengendera mobil hilux lainnya ,sehingga mereka langsung melaporkan ke Pak distrik. Pkl 22.30 WIT
Kami berangkatkan 14 rescuer ,dan 1 anggota Fasharkan TNI AL Manokwari menggunakan satu unit Truk personil ,kemudian tim akan bergabung dengan teman-teman dari Polsek Warmare." Ujar I Wayan Suyatna ,selaku kepala Basarnas Manokwari.

Setelah tiba di distrik warmare pkl 01.10 dini hari , langsung berkoordinasi dengan polsek dan keluarga ,kemudian bersama-sama menuju lokasi kejadian.
Saat sampai di tempat kejadian ,menurut keluarga korban setelah mendengar kesaksian dari salah satu korban yang selamat , bahwa hanya tinggal satu korban saja yang berada di bawah dalam kondisi MD, sopirnya sudah tidak ada di tempat.
Setelah berkoordinasi ,tim SAR gabungan bersama keluarga memutuskan untuk proses evakuasi di lakukan ketika sudah terang atau minggu pagi, dikarenakan tidak begitu efektif saat malam hari.
Kemudia tim SAR Gabungan kembali ke Polsek Warmare untuk beristirahat.

Pkl 09.00 WIT minggu pagi ,tim SAR Gabungan langsung bergerak menuju lokasi kejadian guna melaksanakan evakuasi.
"Sebenarnya kami sudah berangkat menuju lokasi kejadian pagi hari sekali sekitar pkl 07.00 ,namun sementara kami persiapan , ternyata ada masyarakat yang melakukan pemalangan di jalur dekat lokasi kejadian,kami tidak tau lebih jauh apa motif pemalangan itu ,yang mengakibatkan satu sopir hilux lain yang mau melintas  terkenah panah dan mobil pun di rusak mereka, kami langsung berkoordinasi lanjut bersama Polsek dan keluarga korban ,menunggu hingga lokasi kejadian betul-betul kondusif.
Setelah situasi sudah kondusif baru Tim SAR gabungan berasama keluarga menuju lokasi kejadian.
Adapun data korban yang kami dapat yaitu Yahya (L) kondisi selamat, Eriasel Pubgwam (L) dan terakhir sopir yang blm kami ketahui nama dan dimana dia berada." tutur Edo ,dantim Tim SAR Gabungan.

Tim SAR Gabungan berangkat dan tiba di tempat kejadian pkl 10.45 WIT ,langsung melaksanakan breafing dan segera lakukan evakuasi , evakuasi yang di lakukan kurang lebih 1 jam ini , cukup menguras tenaga ,dimana lokasi yang cukup terjal dan medan yang licin , namu tim SAR Gabungan tetap semangat , dan bahu-membahu hingga korban berhasil di angkat dari jurang ,selanjutnya korban di serahkan ke keluarga dan di bawah ke RS Pratama Warmare, pkl 11.45 WIT.

Setelah korban di serahkan pada keluarga dan pihak rumah sakit , Tim Rescue Basarnas Manokwari kembali ke Kantor dan potensi SAR yang terlibat kembali ke satuannya masing-masing.(Hms/405)



Kategori Berita Kansar , Kecelakaan Dengan Penanganan Khusus .
Pengunggah : Albert
21 August 18:00 WIB