Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan " Profesional, Sinergi, Dan Militan " Pengaduan Masyarakat melalui Telepon (021) 65867510/11, Whatsapp (085289000115), E-mail : Pengaduan@basarnas.go.id


Gunakan Helikopter, Kabasarnas Pantau Titik Pendaratan Darurat Mudik Lebaran 1443H


Kepala Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Kabasarnas) Marsdya TNI Henri Alfiandi memantau titik pendaratan darurat apabila terjadi kecelakaan selama mudik Lebaran Idul Fitri 1443H, Jumat (29/4/2022).

Pemantauan dalam rangka kesiapsiagaan Basarnas dilakukan melalui jalur udara dengan menggunakan Helikopter AW139. Penerbangan dimulai dari titik Halim Perdanakusumah menuju Cikampek, Cipali, dan Brexit.


“Kami melaksanakan orientasi pada kondisi nyata bila terjadi kecelakaan ataupun hal yang tidak diinginkan pada ruas jalan tol seperti yang tadi kita lihat dari heli,” ujar Kabasarnas.

"Orientasi ini juga sebagai bentuk penyesuaian bagi kru Satuan Udara Pencarian Pertolongan (Satud PP) apabila nantinya akan dibutuhkan pertolongan dan alur kordinasi dengan tim yang ada di darat," sambungnya.


Basarnas menyiagakan 4 (empat) helikopter di sepanjang ruas jalan tol. Helikopter disiagakan di beberapa titik seperti di Merak khusus untuk jalur penyebrangan dan Tol Merak, Jalur Tol Cikampek helikopter standby di Halim Perdana Kusumah, di Kali Kangkung hingga Sidoarjo, Jawa Timur. Penyebaran titik ini dilakukan untuk mengantisipasi kebutuhan evakuasi medis udara secara cepat apabila ada pemudik yang mengalami kondisi darurat terjebak di tengah-tengah kemacetan lalu lintas yang parah sehingga harus dievakuasi lewat udara.

(nkp/hms)



Kategori Berita Kansar , General Artikel , General Berita .
Pengunggah : natasya
29 April 14:10 WIB