Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan " Profesional, Sinergi, Dan Militan " Pengaduan Masyarakat melalui Telepon (021) 65867510/11, Whatsapp (085289000115), E-mail : Pengaduan@basarnas.go.id


Deputi Bidang Operasi Pencarian dan Pertolongan dan Kesiapsiagaan Mengikuti Marpolex 2022 di Sulawesi Selatan


Deputi Bidang Operasi Pencarian dan Pertolongan, dan Kesiapsiagaan Laksda TNI Ribut Eko Suyatno mengikuti kegiatan Marine Pollution Exercise (Marpolex) 2022 yang berlangsung selama 4 hari di Sulawesi Selatan. Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi yang hadir melalui virtual, membuka secara resmi kegiatan Latihan Bersama Penanggulangan Tumpahan Minyak di Laut Secara Regional, atau yang dikenal sebagai Regional Marpolex Tahun 2022, Selasa (24/5) pagi di rumah Jabatan Gubernur Sulawesi Selatan.

Dimulai pada tanggal 24 hingga 27 Mei 2022, kegiatan yang juga melibatkan Philipina dan Jepang ini berisikan serangkaian kegiatan mulai dari upacara pembukaan, table top excercise sampai berbagai latihan basah di Perairan Makassar. Latihan simulasi yang digelar pada Kamis (26/5/2022) adalah manuver operasi SAR yang melibatkan Basarnas, operasi pemadaman kebakaran, operasi penanggulangan minyak tumpah, dan sailing pass.

Basarnas sebagai leading sector dibidang pencarian dan pertolongan, pada latihan ini mengerahkan 50 personil gabungan dari Kantor SAR Makassar maupun Kantor Pusat, KN SAR Kamajaya, dan 2 unit rigid inflatable boat. Personil dan alut yang dikerahkan akan melaksanakan latihan sesuai skenario yang sudah disiapkan. Sesuai dengan tugasnya, Basarnas mempunyai peranan melakukan pencarian dan evakuasi korban dari kapal yang mengalami kecelakaan bersama dengan instansi terkait lainnya. Pelaksanaan latihan ini dikondisikan sesuai dengan keadaan sebenarnya yang bertujuan sebagai bekal persiapan jika nantinya terjadi kondisi darurat kecelakaan kapal.



Kategori General Artikel , General Berita .
Pengunggah : Albert
26 May 15:00 WIB