Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan " Profesional, Sinergi, Dan Militan " Pengaduan Masyarakat melalui Telepon (021) 65867510/11, Whatsapp (085289000115), E-mail : Pengaduan@basarnas.go.id


CUACA EKSTRIM HAMBAT PERGERAKAN TIM SAR GABUNGAN DALAM PENCARIAN BOCAH TENGGELAM DI CIAWI


Bogor - Tim SAR gabungan harus menghadapi cuaca yang cukup ekstrim saat melakukan pencarian terhadap Ali (5) yang tenggelam di Kali Ciliwung, Desa Pandansari, Kecamatan Ciawi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Operasi SAR gabungan yang dilakukan pada senin (21/6) pagi hingga sore tadi dengan membagi area pencarian menjadi 2 (dua) dimana pada SRU pertama melakukan pencarian dengan penyisiran melalui jalur air menggunakan rubber boat dengan radius 3 KM dari lokasi kejadian kemudian SRU kedua melakukan penyisiran melalui jalur darat dengan pengamatan secara visual dengan radius 1 KM dari lokasi kejadian.

“Tim SAR gabungan sudah berusaha semaksimal mungkin dalam pencarian hari ini namun adanya kendala hujan yang cukup deras sehingga menyebabkan meningkatnya debit air dan derasnya arus di kali Ciliwung menghambat pergerakan tim pada hari ini." ungkap Hendra Sudirman, S.E., M.Si., Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Jakarta selaku SAR Mission Coordinator (SMC) dalam operasi SAR. Beliau juga menambahkan bahwa pencarian tetap dilakukan hingga petang tadi dengan melakukan pengamatan secara visual melalui jalur darat di beberapa titik namun korban masih belum juga ditemukan. Rencana Operasi SAR akan kembali dilanjutkan pada selasa (22/6) besok pagi oleh tim SAR gabungan dan berharap kondisi cuaca baik supaya operasi SAR bisa berlangsung secara maksimal.

Operasi SAR pada pagi ini juga melibatkan puluhan personil unsur SAR gabungan yang terdiri dari Kantor Pencarian dan Pertolongan Jakarta, Damkar Kab. Bogor, BPBD Kab. Bogor, Polsek Ciawi, Koramil Ciawi, Kelurahan Pandansari, BPBD Kota Bogor, PMI Kab. bogor, PMI Kota Bogor, FKP3D Bogor, PSDA Bendung Katulampa, Polmas Bogor Rata, SAKTI, Tagana Kab. bogor, Tagana Kota Bogor, Regaci, Faji Kota Bogor, Satpel Ciliwung, Satgas Ciliwung, Rimba, Gemawana, PBB (Persatuan Batak), Bogor Scout Rescue, SAR MTA, Bareskon, Tri Sakti, Rekan Ciliwung, Pol PP Ciawi, Repotin, IEA Bogor, Boardcamp, Mapala Djuanda, Pramuka Peduli Kota Bogor, Dompet Dhuafa, keluarga korban dan Warga Setempat.

Sebelumnya diketahui pada minggu (20/6) sekitar pukul 16.00 WIB diinformasikan dua orang anak hilang ketika sedang berenang di Kali Ciliwung, Desa Pandansari, Kecamatan Ciawi, Kabupaten Bogor. Orang tua dari kedua anak tersebut mencari mereka dan menemukan jejak dari pakaian korban di pinggir kali Ciliwung hingga menimbulkan dugaan bahwa kedua anak tersebut terseret arus kali Ciliwung yang pada saat itu dalam kondisi hujan. Sekitar pukul 16.30 WIB salah satu korban yang bernama Luki (5) ditemukan dalam kondisi meninggal dunia pada radius 500 meter dari lokasi kejadian namun satu korban lainnya atas nama Ali (5) hingga saat ini masih dilakukan pencarian oleh tim SAR gabungan.   


HUMAS KANTOR PENCARIAN DAN PERTOLONGAN JAKARTA



Kategori Berita Kansar , General Artikel , General Berita , Kondisi Yang Membahayakan Jiwa Manusia .
Pengunggah : jakartaadmin
21 June 18:00 WIB