Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan " Profesional, Sinergi, Dan Militan " Pengaduan Masyarakat melalui Telepon (021) 65867510/11, Whatsapp (085289000115), E-mail : Pengaduan@basarnas.go.id


Basarnas Siagakan Dua Helikopter di Sirkuit Mandalika Lombok


Menjelang penyelenggaraan MotoGP di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) menyiagakan dua unit helikopter yaitu Heli AW-139/HR-1301 dan Heli Dhoupin AS 365 N3+/ HR-3604 di helipad Medical Center Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat, Rabu (9/2).

Kepala Kantor SAR Mataram, Nanang Sigit PH menerangkan, kedua helikopter yang tiba sejak hari Senin (7/2) akan siap sedia tidak hanya pelaksanaan tes pra-musim MotoGP 2022 Mandalika yang diselenggarakan pada 11-13 Februari 2022, namun juga saat race resmi.
 

Pada kesempatan ini Basarnas juga mengikuti simulasi penanganan medis bersama Tim Medical Officer dari penyelenggara event MotoGP tersebut. Dalam simulasi tersebut diceritakan proses penanganan pembalap yang mengalami kecelakaan dan membutuhkan penanganan medis yang cepat.

"Sebagai bentuk kesiapsiagaan Basarnas dalam membantu proses evakuasi pembalap," ujar Nanang.

Nantinya jika pembalap mengalami kecelakaan akan dibawa oleh tim medis dari sirkuit ke Medical Center. Apabila dibutuhkan penanganan lebih lanjut akan dievakuasi melalui jalur udara oleh Basarnas.



Seperti yang diketahui Sirkuit Mandalika akan menjadi tuan rumah penyelenggaraan seri MotoGP Indonesia yang dijadwalkan akan berlangsung pada Maret 2022 mendatang.



Kategori Berita Kansar , General Artikel , General Berita .
Pengunggah : natasya
11 February 15:10 WIB