Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan " Profesional, Sinergi, Dan Militan " Pengaduan Masyarakat melalui Telepon (021) 65867510/11, Whatsapp (085289000115), E-mail : Pengaduan@basarnas.go.id


Basarnas Gelar Bimtek Penilaian Mandiri Penyelenggaraan SPIP Tahun 2022


Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) menggandeng Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Pusat dalam pelaksanaan Bimbingan Teknis (Bimtek) Penilaian Maturitas Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) Tahun 2022.

Mendatangkan Auditor Utama BPKP Pusat Agus Sukiswo sebagai narasumber, didampingi Yusuf Istanto selaku Auditor Madya BPKP Pusat, kegiatan berlangsung di Ruang Serbaguna Kantor Pusat Basarnas. Bimtek selama 3 hari yang dimulai Rabu (15/6/2022) hingga jumat (17/6/ 2022) ini, dihadiri seluruh Pejabat Pimpinan Tinggi Madya, Pimpinan Tinggi Pratama, dan seluruh Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) di lingkungan Basarnas 

Sekretaris Utama Basarnas, Abdul Haris Achadi yang membuka langsung kegiatan tersebut menyambut baik sekaligus mendukung penuh pelaksanaan bimtek ini.

“Acara ini sangat penting bagi kita semua selaku pemegang manajemen di lingkungan Basarnas untuk memahami Sistem Pengendalian Intern jika kebijakan yang dibuat dapat meminimalisir resiko orginasasi. Jika kita mampu menerapkan sistem pengendali intern yang efektif, dapat mengantisipasi apabila ada yang menghambat organisasi dan juga mengoreksi resiko yang ada dengan sebaik-baiknya,” kata Haris saat menyampaikan sambutannya. 

Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 60 tahun 2008 tentang Sistem Pengendalian Intern Pemerintah disebutkan bahwa untuk mencapai pengelolaan keuangan negara yang efektif, efisien, transparan, dan akuntabel maka setiap lembaga wajib melakukan pengendalian atas penyelenggaraan kegiatan pemerintahan. Pengendalian atas penyelenggaraan kegiatan pemerintahan dimaksud dilaksanakan dengan berpedoman pada SPIP.

SPIP pada setiap kementerian/lembaga dan pemerintah daerah dilakukan penilaian untuk mengetahui level maturitasnya atau tingkat kematangan yang diselenggarakan saat ini. Sestama menyebutkan bahwa Basarnas pada tahun 2019 berhasil mencapai level 3 dengan kategori terdefinisi. Dan untuk tahun 2022, Basarnas masih perlu persiapan untuk penilaian SPIP dengan mengikuti Peraturan BPKP Nomor 5 Tahun 2021.

“Pada kesempatan ini saya berharap seluruh pimpinan di lingkungan Basarnas dapat diberikan pencerahan tentang penyelenggaraan SPIP yang efektif. Sehingga pada saat penilaian mandiri atas pelaksanaan SPIP di lingkungan Basarnas tahun ini, dapat dilaksanakan secara baik dan tingkat maturitas SPIP Basarnas akan lebih meningkat,” pungkasnya. (nkp/hms)

 



Kategori Berita Kansar , General Artikel , General Berita .
Pengunggah : natasya
15 June 18:00 WIB