Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan " Profesional, Sinergi, Dan Militan " Pengaduan Masyarakat melalui Telepon (021) 65867510/11, Whatsapp (085289000115), E-mail : Pengaduan@basarnas.go.id


BASARNAS - BERENANG DI SUNGAI BOGOWONTO, SEORANG KAKEK TERBAWA ARUS


Purworejo (8/12/2022) : Basarnas Kantor Pencarian dan Pertolongan Cilacap mendapatkan informasi terkait Kondisi Membahayakan Manusia (KMM) 1 (satu) orang warga terbawa arus Sungai Bogowonto Kelurahan Sidomulyo Kecamatan Purworejo Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah pada Kamis (8/12) Pukul 17.00 Wib. 

 

Berdasarkan laporan yang diterima dari Lurah Sidomulyo, pada pukul 16.30 Wib korban berenang di Sungai Bogowonto. Namun naas, korban terseret arus Sungai. Kemudian pukul 17.00 Wib ditemukan sandal dan celana korban di sekitar lokasi kejadian. Hingga sampai saat ini, korban masih dalam pencarian oleh Tim SAR Gabungan. 

 

“Korban yang sedang dalam pencarian bernama Darusman (61), berjenis kelamin laki-laki asal Desa Tanggung Sidomulyo Rt 01 Rw 05 Kecamatan Purworejo Kabupaten Purworejo. Mendapati laporan tersebut, kami kemudian memberangkatkan 1 tim rescue dari Unit Siaga SAR (USS) Banyumas menuju lokasi kejadian untuk melakukan pencarian”. Tutur Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Cilacap, Adah Sudarsa.

 

Upaya yang telah dilakukan oleh Tim SAR Gabungan pada hari pertama yaitu melakukan pemantauan di sekitar lokasi kejadian. Namun pencarian dihentikan sementara pada Jumat (09/12) Pukul 01.00 Wib. 

 

Adapun alut yang digunakan antara lain 1 Unit Rescue Car Type II, 1 Set Rubber Boat, Rescue Net, 1 Set Aquaeye, 1 Set Underwater Searching Device, 4 Set Alkom Lengkap, APD Covid-19, dan Alduk SAR Air Lengkap.

 

“Pencarian dilanjutkan pada hari Jumat (09/12) Pukul 07.00 Wib dengan rencana operasi di bagi menjadi 2 Search Rescue Unit (SRU). SRU 1 melakukan penyisiran darat di tepian Sungai dari lokasi kejadian menuju arah hilir sejauh 1 Kilometer. Dan SRU 2 melakukan penyisiran di permukaan air menggunakan 2 Rubber Boat dan 1 Perahu Rafting dari lokasi kejadian menuju ke arah hilir sejauh 2 Kilometer", tambahnya.



Kategori Berita Kansar , General Artikel , General Berita , Kondisi Yang Membahayakan Jiwa Manusia .
Pengunggah : cilacap
9 December 10:00 WIB