Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan " Profesional, Sinergi, Dan Militan " Pengaduan Masyarakat melalui Telepon (021) 65867510/11, Whatsapp (085289000115), E-mail : Pengaduan@basarnas.go.id


12 RESCUER BASARNAS YOGYAKARTA IKUTI PELATIHAN  PUBLIC SAFETY DIVER TRAINING


Yogyakarta, guna meningkatkan kapasitas rescuer, Kantor Basarnas Yogyakarta gelar Public Safety Diver Training (PSD) yang dilaksanakan selama 8 hari yang dimulai dari tanggal 20-27 Juni 2022.

Apel Pembukaan dilaksanakan di halaman kantor Basarnas Yogyakarta, sebagai pemimpin apel Direktur Bina Tenaga Basarnas Marsekal Pertama TNI M.Somin,S.Sos yang diikuti oleh pejabat Kantor Basarnas Yogyakarta, Observer dari Basarnas Pusat, Instruktur dari Basarnas Spesial Group (BSG), 12 peserta Rescuer Basarnas Yogyakarta serta seluruh pegawai. Dalam sambutannya Direktur Bina Tenaga Basarnas mengatakan Pelatihan Public Safety Diver Training (PSD) bertujuan untuk meningkatkan dan mengasah kemampuan serta ketrampilan rescuer pada penyelamatan korban di kedalaman air, khususnya pada perairan terbuka dengan keadaan yang berarus, terkontaminasi bahan kimia dan biohazards, dan visibility terbatas, serta berbagai kecelakaan perairan dimana terdapat potensi membahayakan untuk dilaksanakan penyelaman.

Dari beberapa kali kejadian musibah atau bencana menunjukkan adanya faktor-faktor yang perlu ditingkatkan terutama fasilitas dan jumlah sumberdaya manusia (SDM) yang kompeten dalam penanganan operasi SAR. Pelatihan ini adalah kesempatan yang sangat baik bagi para rescuer Kantor Basarnas Yogyakarta untuk belajar mengaplikasikan ilmu dalam melaksanakan tugas SAR di lapangan maupun tugas-tugas pendukung operasi SAR, imbuh Somin dalam sambutannya.

Kegiatan Public Safety Diver Training (PSD) ini untuk materi kelas dilaksanakan di ruang rapat Kantor Basarnas Yogyakarta, untuk latihan kering dilaksanakan di Kolam Renang UNY Wates Kab.Kulonprogo, dan untuk latihan basah/penyelaman dilaksanakan di Embung Kaliaji Turi Kab.Sleman. (ppt/hmsbsnyk)



Kategori Berita Kansar , General Berita , Pelatihan .
Pengunggah : yogyakartaadmin
21 June 10:20 WIB