DENGAN SINERGITAS DAN SOLIDITAS BASARNAS BERSAMA POTENSI SAR BERTEKAD MEWUJUDKAN PELAYANAN SAR YANG CEPAT DAN PRIMA


KEHABISAN BAHAN BAKAR, KAPAL FIBER ALAMI MATI MESIN


Manokwari-Sebuah perahu motor fiber dari Pulau Numfor menuju Manokwari dengan Person On Board (POB) lima orang yang membawa hasil kebun berupa kelapa mengalami kehabisan bahan bakar di tengah perjalanan tepatnya di perairan Maruni Manokwari, Kamis (04/07/2019) pukul 20.00 WIT. Kelima orang yang turut serta dalam perjalanan tersebut adalah Melianus Sorbu, Beni Rayar, Manor Rumadas, Jefri Misido, dan Niko Rumadas

Basarnas Kantor Pencarian dan Pertolongan Manokwari mendapat informasi ini langsung dari Dortea yang merupakan keluarga dari lima orang tersebut. Dortes menyebutkan ada perahu yang mati mesin dan terombang-ambing dilaut pada tanggal 5 Juli pukul 09.45 WIT. Satu tim rescue dikerahkan oleh Kasubsi Operasi dan siaga Andarias Alik,S.E untuk mencari dan mengevakuasi perahu tersebut dengan menggunakan Rigit Inflatable Boat (RIB) pada pukul 10.05 WIT.

Tim rescue melakukan pencarian dengan jarak total 20 Mil laut pada pola pencarian dari belakang pulau Mansinam ke arah Numfor dan belok ke arah Tanjung Oransbari hingga kembali ke arah Manokwari. Selanjutnya tim melaksanakan pencarian kedua pada pukul 14.00 WIT dari arah Tanjung Bakaro, Amban hingga ke laut arah Masni dan kembali ke Manokwari. 

Perahu akhirnh berhasil ditemukan oleh nelayan yang melintas di pesisir perairan Amban pantai lalu kemudian diberikan 5 liter bensin hingga dapat menghidupkan mesin dan pulang ke Manokwari. Pukul 17.40 WIT pelapor menginformasikan bahwa keluarganya telah berhasil kembali dengan selamat dan sementara mengarah ke Pelabuhan. Tim rescue yang melakukan pencarian langsung bergerak menuju dermaga Sanggeng Manokwari dan berhasil bertemu dengan para korban.

Dari penuturan salah seorang korban, diketahui pada pagi hari awal pencarian tim rescue, mereka sempat hanyut di pinggir perairan maruni dan melihat dari jauh tim sar dan memberi kode namun karena jarak yang jauh mereka tidak berhasil dilihat oleh tim rescue. Mereka lalu hanyut hingga ke perairan amban dan ditemukan nelayan pukul 17.00 WIT. Dengan selamatnya para korban operasi pencarian dinyatakan selesai dan ditutup.(hms/hrl)



Kategori Berita Kansar , Kecelakaan Pelayaran .
Pengunggah : arief
5 July 18:35 WIB