DENGAN SINERGITAS DAN SOLIDITAS BASARNAS BERSAMA POTENSI SAR BERTEKAD MEWUJUDKAN PELAYANAN SAR YANG CEPAT DAN PRIMA


Kecelakaan Kendaraan Roda Empat, Tim Rescue Kantor SAR Semarang Evakuasi Korban Selamat


Semarang -- Dalam suasana arus mudik lebaran 2020, Sebuah kecelakaan karambol yang melibatkan 3 kendaraan roda empat dan satu sepeda motor terjadi di ruas jalan Batang-Semarang, akibatnya 1 orang meninggal dan 5 lainnya cedera. Para korban yang berada di roda empat diinformasikan tak bisa keluar dari kendaraannya karena mengalami cidera. Basarnas Kantor Pencarian dan Pertolongan Semarang yang sedang menggelar Posko siaga SAR khusus lebaran  langsung mengirimkan satu tim Posko mobile untuk melakukan evakuasi. 

Setelah tim tiba dan melakukan assessment, ternyata tim cukup kewalahan karena banyaknya korban dan akses evakuasi yang cukup sulit, sehingga tim meminta ke Posko Induk Kantor Pencarian dan Pertolongan Semarang untuk mengirimkan satu tim lagi. Evakuasi pun berjalan cukup dramatis, tim Kantor Pencarian dan Pertolongan Semarang harus bisa mengevakuasi para korban dalam keadaan selamat. Dengan peralatan yang memang diperuntukkan bagi penyelamatan korban kecelakaan, akhirnya kelima korban tersebut berhasil dikeluarkan dari dalam mobil mereka dalam keadaan selamat.

Kejadian diatas adalah simulasi yang digelar oleh Kantor Pencarian dan Pertolongan Semarang dalam upaya melakukan pertolongan terhadap korban kecelakaan yang membutuhkan penanganan khusus. Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Semarang, Aris Sofingi menuturkan, latihan tersebut diadakan untuk lebih meningkatkan respon time, tindakan cepat apabila terjadi di wilayah kerja Basarnas Jawa Tengah, mengingat Pantura Jateng merupakan jalur yang cukup padat.

"Kegiatan vehicle Accident Rescue atau VAR ini kami maksudkan untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan para rescuer kami khususnya dalam penanganan operasi Pencarian dan Pertolongan kecelakaan dengan penanganan khusus" ungkap Aris. Masih berdasarkan informasi dari Aris, kegiatan ini diikuti oleh seluruh personil Basarnas yang ada di Jawa Tengah, dan juga dilengkapi dengan peralatan VAR, seperti alat ekstrikasi berupa combi tool, ramjack, cutter, dan lain sebagainya serta juga peralatan medis.

"Tujuannya adalah agar seluruh Rescuer yang mengikuti latihan VAR ini mempunyai kesamaan pola pikir dan pola tindak disetiap penanganan korban kecelakaan dengan penanganan khusus, sehingga seluruh Rescuer kami baik yang ada di Semarang, Cilacap, Jepara, Solo maupun Wonosobo kami latih bersama" tutup Aris.



Kategori Berita Kansar , General Artikel , General Berita .
Pengunggah : Recylia
11 September 14:10 WIB