DENGAN SINERGITAS DAN SOLIDITAS BASARNAS BERSAMA POTENSI SAR BERTEKAD MEWUJUDKAN PELAYANAN SAR YANG CEPAT DAN PRIMA


INASAR Kerahkan Seluruh Kekuatan Untuk Evakuasi Korban Gempa Jakapura


Jakarta -- Tim Indonesia Urban SAR (INASAR) masih terus berupaya mencari korban yang masih hilang di reruntuhan akibat gempa masive berkekuatan 7,5 SR di Jakapura pada Selasa kemarin. Luasnya area terdampak dan jumlah korban yang mencapai ribuan orang juga turut menjadi perhatian internasional. Ada 8 sektor area terdampak, yaitu sektor A. Jurong Town, B. Woodlands City, C. Clementi Town, D. Punggol Town, E. East Coast Town, F. Mandai Town, G. Marine Parade Town, dan H. Brani Industrial.
 
Sejak awal kedatangan, tim INASAR turut dibantu oleh Malaysia, Singapura dan Arab Saudi. Selanjutnya sebagai negara yang pertama datang, melalui USAR Coordination Cell (UCC) tim INASAR langsung membagi area tugas, sementara tim INASAR fokus di area F. Mandai. Hingga berita ini diturunkan (7/8), Tim INASAR telah berhasil mengevakuasi 2 orang korban yang terjebak di reruntuhan dengan keadaan selamat dan masih terus mencari korban yang masih hilang dengan melibatkan K9.
 
Kejadian di atas merupakan lanjutan dari skenario yang dibuat Tim INASAR dalam kegiatan latihan persiapan International Search and Rescue Advisory Group (INSARAG) External Classification (IEC) Medium Class pada 25 November mendatang. Latihan kali ini sudah masuk yang ke-4 dan berlangsung selama 36 jam tanpa henti.
 
 
 



Kategori General Artikel , General Berita , Pelatihan .
Pengunggah : Recylia
7 August 13:05 WIB