DENGAN SINERGITAS DAN SOLIDITAS BASARNAS BERSAMA POTENSI SAR BERTEKAD MEWUJUDKAN PELAYANAN SAR YANG CEPAT DAN PRIMA


13 Pendaki Gunung Raung Berhasil Dievakuasi Dalam Kondisi Selamat


Banyuwangi – Sebanyak 13 orang pendaki gunung Raung berhasil dievakuasi turun ke Pos Kalibaru, pada Sabtu (5/10) pukul 11.30 WIB. 13 orang ini terdiri dari dua orang guide, dua orang porter, dua orang pendaki WNI dan tujuh orang pendaki asal Singapura.

“Sebelum dievakuasi turun ke Pos Kalibaru, para pendaki yang mengalami luka bakar dan lecet mendapatkan perawatan medis saat sampai di camp 2 oleh tim medis Pos SAR Jember yang tergabung dalam SRU 3,” ujar Asnawi Suroso, Koordinator Pos SAR Jember.

Lebih lanjut Asnawi menuturkan, sembari dilakukan perawatan medis terhadap para pendaki yang terluka, anggota rombongan pendaki yang lain dan para personel SRU 1, SRU 2 dan SRU 3 istirahat sejenak sambil makan pagi dengan logistik yang dibawa oleh SRU 3.

Setelah berhasil turun ke Pos Perijinan Pendakian Gunung Raung lewat Kalibaru, para pendaki ini mendapatkan pemeriksaan medis lanjutan oleh petugas Puskesmas Kalibaru. Selanjutnya, petugas Polsek Kalibaru pun meminta keterangan terkait kejadian ini.

Seperti diberitakan sebelumnya, tim SAR gabungan telah mengerahkan dua SRU (Search and Rescue Unit) untuk membantu evakuasi 13 orang pendaki gunung raung yang terjebak kebakaran hutan di sekitar jalur pendakian lewat Kalibaru, pada Jum’at (4/10).

Dua SRU ini berhasil bertemu dengan 13 orang pendaki di camp 4, pada Sabtu (5/10) pukul 02.36 WIB. Setelah makan dan istirahat memulihkan kondosi fisik, SRU 1 dan SRU 2 mengevakuasi turun para pendaki hingga bertemu dengan SRU 3 di Camp 2.

“Alhamdulillah proses evakuasi 13 orang pendaki berjalan dengan aman dan lancar, meski ditengah, kendala diantaranya angin gunung yang bertiup cukup kencang dan masih adanya kebakaran di beberapa titik di sekitar jalur pendakian gunung Raung,” ujar Asnawi.

Keberhasilan proses evakuasi 13 orang pendaki gunung Raung ini berkat kerjasama yang baik antarunsur dalam tim SAR gabungan, seperti dari tim Pos SAR Jember, 851 Rescue, BPBD Banyuwangi, BPBD Jember, Serdadu Alam, SAR OPA Jember, Sekretariat Pendakian Raung, guide dan porter lokasl Raung, serta sejumlah organisasi relawan lainnya. (Lib)



Kategori Kondisi Yang Membahayakan Jiwa Manusia .
Pengunggah : surabaya
5 October 13:05 WIB